Terbaru

Kamis, 18 Januari 2018

Letak dan Luas Indonesia


Letak suatu tempat dipermukaan bumi hanya sekedar menunjukan posisi di antara tempat lainnya. letak suatu tempat menunjukan pula karakteristik tempat tersebut. Sebagai contoh, suatu tempat berada di daerah pantai. Karakteristik tempat tersebut dapat diidentifikasi bersuhu tinggi, berupa dataran rendah, sebagai masyarakatnya yang bekerja sebagai nelayan dan seterusnya. Letak juga menunjukan posisi suatu tempat terhadap tempat lainny. Dalam hal ini, ada tempat yang strategis, terisolasi dan seterusnya. Sebagai contoh suatu tempat berada di pusat kota. Karena letaknya, tempat tersebut dapat dicapai dari berbagai lokasi dengan mudah, sehingga menjadi pusat kegiatan penduduk.


Letak Geografis

Letak geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.
Letak geografisnya yakni Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudra yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Sumber : https://www.google.co.id – Gambar. Peta dunia yang memperlihatkan posisi Indonesia yang berada di wilayah beriklim tropis.

Letak Astronomis

Letak asrtonomis adalah letak suatu negara berdasarkan garis bujur dan garis lintang.
Garis bujur adalah garis setengah lingkaran yang membujur dari kutub utara ke kutub selatan. Garis Lintang adalah garis lingkaran yang sejajar dengan khatulistiwa.
Indonesia terletak antara 980 BT – 1410 BT dan 60 LU – 110 LS.Karena wilayahnya tersebut, Indonesia termasuk kedalam wilayah tropis. Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,30 LU dan 23,50 LS

Luas Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan (archipelago) terbesar di dunia Jumlah pulau di Indonesia mencapai 17.504 buah. 
Luas laut di Indonesia yaitu 3.257.357 km. Luas daratan 1.890.754 kmLuas Indonesia secara keseluruhan 5.148.111 km2.

Batas Wilayah
  • Utara : Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi dan Samudra Pasifik.
  • Barat : Samudra Hindia
  • Selatan : Australia, Timor Leste, Samudra Hindia, Laut Timor, dan Laut Arfura
  • Timur : Papua Nugini dan Samudra Pasifik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar