A.
Petunjuk Belajar
1.
Cermati materi dalam buku paket, rangkuman materi, atau pada sumber informasi
pendukung lainnya
2.
Kerjakan soal secara berkelompok
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.3 Menganalisis sebaran dan
pengelolaan sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata
sesuai prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan
3.3.1 Menjelaskan
proses pembentukan barang tambang.
3.3.2 Mengidentifikasi
potensi dan sebaran barang tambang di Indonesia.
3.3.3 Menganalisis
potensi dan sebaran barang tambang di Indonesia.
3.3.4 Menjelaskan
eksplorasi dan eksploitasi barang tambang ramah lingkungan
3.3.5 Menganalisis
pemanfaatan, efisiensi, dan reklamasi pertambangan
3.3.6 Menjelaskan
tata kelola pertambangan
4.3 Membuat peta persebaran
sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata di Indonesia.
4.3.1 Membuat peta tematik potensi persebaran pertambangan
di Indonesia
Proyek Siswa:
Membuat peta tematik persebaran Sumber Daya
Pertambangan di Indonesia
Indiktor Pencapaian Kompetensi
4.3.1
Membuat peta tematik persebaran Sumber Daya Pertambangan di Indonesia
Petunjuk
Kinerja:
Setelah mengerti tentang persebaran
persebaran pertambangan di Indonesia , dengan kreativitas kalian:
1. Masing-masing
kelompok membuat peta persebaran barang tambang di Indonesia. Berikut
pembagian tiap kelompok masing-masing:
Kelompok 1 : Batu Bara
dan Aspal
Kelompok 2 : Minyak Bumi
dan pasir besi
Kelompok 3 : Gas Alam
dan belerang
Kelompok 4 : Emas dan perak
2. Sertakan
dengan keterangan peta tematiknya.
3. Gunakan pensil warna/crayon/spidol atau alat tulis
lain untuk mengerjakan.
4. Tulis nama anggota kelompok.
5. Kumpulkan sesuai batas waktu yang diberikan oleh
guru.
|
Kriteria penilaian peta tematik:
No
|
Aspek penilaian
|
Skor
|
1
|
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
|
25
|
2
|
kelengkapan
unsur-unsur peta tematik |
25
|
3
|
Kejelasan dalam
penyajian peta tematik |
25
|
4
|
Kerapian peta tematik dan keindahan peta tematik
|
25
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar