Terbaru

Senin, 15 Januari 2018

Pelatihan Blog di Seamolec


Pada hari Senin, 15 Januari 2018, adalah pengalaman pertama training tentang blog secara resmi, sebelumnya saya pernah menjadi blogger kelas pemula yang dapat pengetahuan blog secara otodidak melalui browsing, tetapi kebiasaan ngeblok saya mula berhenti selain ,malas dan bosan karena pengetahuannya hanya itu itu saja, selain itu juga dengan awal munculnya sosial media sekitar awal tahun 2010, awalnya saya mengenal Friendster kemudian Facebook, Twiter, Istagram dsb.
Saya telah lama berhenti dari dunia blog, tetapi dengan mengikuti pelatihan Home Training di Samolec ini dapat menumbuhkan semangat baru dan energi baru aktif kembali ke dunia blogger untuk memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Memang berbeda blog dengan sosmed, mungkin "kids jaman now" lebih mengenal sosmed daripada blogger, tetapi sebagai guru atau orang yang suka menulis tentunya blog akan lebih bermanfaat untuk mempublikasikan pemikiran-pemikiran kita. 

“Aku menulis maka Aku ada”, itulah ungkapan populer hasil modifikasi dari ungkapan seorang filsuf Perancis René Descartes “Aku berfikir maka Aku ada”. Walaupun sedikit berbeda namun tidak saling bertentangan karena tulisan adalah buah dari pemikiran seseorang.
Memang demikianlah faktanya, orang-orang yang muncul dalam lintasan sejarah adalah orang-orang yang namanya “terukir” dalam sebuah tulisan. Entah tulisan itu ia buat sendiri ataupun ditulis oleh orang lain semacam autobiografi.
Makanya banyak orang berlomba-lomba untuk selalu update status di media sosial minimal satu hari sekali karena salah satu manfaatnya adalah kawan-kawannya yang jauh menjadi tahu bahwa ia masih ada (eksis).
Apalagi jika orang tersebut mau menyisihkan sedikit waktunya untuk mendokumentasikan ilmu dan pengalaman yang baru saja ia dapatkan. Ia tulis ke dalam sebuah artikel yang kalimatnya terstruktur dan isinya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, lalu ia sebarkan ke khalayak melalui sebuah media publikasi, maka pahalanya akan tetap mengalir selama orang lain mengamalkan ilmu tersebut atau-pun mengajarkannya kembali kepada orang lain. Namanya akan tetap hidup dan tetap dikenal orang secara turun temurun walaupun sang penulis telah tiada.
Nah, maka dari itu jika anda senang menulis di media sosial seperti facebook, twitter atau yang lainnya agar lebih “naik kelas” maka cobalah menulis di blog. Selain tulisan anda menjadi lebih lengkap, anda pun menjadi terbiasa menulis esai atau artikel yang lebih bernilai ketimbang sekedar menulis sebuah status.
Selain itu masih banyak lagi keuntungan yang akan didapatkan ketika anda sudah terbiasa menulis di blog. Minimal ada 5 keuntungan yang akan membuat hobi anda yang satu ini menjadi lebih bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Dari kelima poin ini, poin kedua hingga kelima alhamdulillah sudah saya rasakan sendiri keuntungannya, sedangkan untuk poin kesatu masih dalam rintisan. kelima poin tersebut adalah;
Pertama, dapat menghasilkan rupiah. Ketika hobi menulis bertemu dengan keahlian mengelola blog ternyata tidak hanya menghasilkan ilmu yang bermanfaat, tetapi juga dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit.
Jika blog anda sudah banyak pengunjungnya dan artikel yang anda posting sudah puluhan maka tidak menutup kemungkinan blog anda dilirik oleh para pebisnis untuk menempelkan iklannya di blog anda.
Anda bisa menentukan tarif sendiri ketika ada seorang pebisnis lokal yang ingin menempelkan iklan produknya di blog anda. Namun jika anda mendaftarkan blog ke google adsense maka mereka yang menentukan tarifnya.
Sekedar informasi saja, sistem pembayaran yang dilakukan oleh google adsense adalah berapa banyak orang yang meng-klik iklannya dikali bayaran yang telah ditetapkan oleh pihak google adsense. Jadi rekening tabungan anda akan semakin gendut manakala semakin banyak orang yang meng-klik iklan tersebut, sekalipun anda sedang tertidur pulas atau sedang tamasya bersama keluarga tercinta.
Ini merupakan daya tarik tersendiri untuk anda. Namun demikian sunnatullah tetap berlaku, besarnya ganjaran berbanding lurus dengan besarnya pengorbanan. Untuk bisa seperti ini butuh perjuangan yang panjang dan mental yang tidak mudah putus asa.
Kedua, awal karir menjadi penulis dan jurnalis. Blog juga dapat dijadikan ajang melatih diri agar terbiasa dan pandai menulis. Entah anda memiliki bakat menulis, hobi menulis atau hanya sekedar memiliki cita-cita ingin jadi penulis besar maka semua itu dapat anda aktualisasikan dalam dunia blog.
Semuanya gratis, mulai dari nama blog, tampilan yang cantik dan beragam fasilitas yang diberikan oleh situs penyedia. Anda tinggal meluangkan waktu sedikit untuk menulis dan mem-posting-nya di blog maka selesailah urusan. Tiba-tiba tulisan anda tampil di sebuah blog pribadi milik anda yang tampilannya tidak jauh berbeda dengan situs-situs mainstream.
Terus dan terus anda lakukan kebiasaan ini setiap hari. Tak terasa anda telah menjadi penulis atau jurnalis handal yang siap bergabung dengan media-media online maupun cetak untuk berkontribusi mengirimkan tulisan-tulisan anda. Keuntungannya selain tulisan kita banyak yang baca, bayarannya yang masuk ke rekening kita pun tidak sedikit. Ini merupakan kenikmatan tersendiri bagi seorang penulis atau jurnalis.
Apalagi jika anda mau menulis sebuah buku, lalu buku tersebut laku terjual dan best seller karena keunikan isinya dan memberi manfaat yang banyak kepada khalayak. Maka anda bisa menjadi milyarder seperti JK. Rowling yang besarnya royalti dari buku yang diterbitkan dapat mengalahkan gaji presiden Amerika sekalipun.
Ketiga, Ikut blog contest. Atau dalam rangka iseng-iseng berhadiah, anda juga bisa mendaftarkan blog anda ke panitia lomba blog yang diadakan oleh sebuah komunitas. Karena baik instansi swasta maupun pemerintah, baik institusi formal maupun non formal sering mengadakan lomba blog. Entah yang dilombakan itu konten blog ataupun desain blog.
Tidak tanggung-tanggung hadiahnya bisa mencapai puluhan juta, jalan-jalan ke luar negeri dan hadiah menarik lainnya yang membuat para blogger bernafsu untuk memenangkan lomba ini. cukup menarik bukan?
Keempat, Fitur-fitur yang tidak disediakan oleh media sosial. Poin keempat ini lebih ke arah keuntungan teknis yang akan anda dapatkan ketika mau mencoba terjun ke dunia blogging.
Ada banyak fasilitas yang diberikan oleh situs penyedia blog gratisan yang tidak akan anda dapatkan di sosial media, diantaranya anda dapat dengan mudah menemukan artikel yang telah anda tulis sejak lama karena disediakan fasilitas untuk melakukan pencarian lokal. selain itu anda pun dapat mengetahui artikel mana yang paling populer alias paling banyak dibaca oleh pengunjung dan artikel mana yang sedikit pengunjungnya.
Statistik pengunjung setiap harinya dapat dengan jelas dilihat dalam laporan harian blog pada dashboard administrasi blog.
Fitur lain yang menjadi kelebihan blog adalah setiap artikel yang baru saja anda posting dapat langsung di-share ke berbagai sosial media seperti facebook, twitter, google+ dan sebagainya. Sehingga walaupun kita jarang update status di facebook kita masih bisa tetap eksis dengan artikel-artikel yang kita share, seperti pepatah mengatakan sekali mendayung dua tiga pulau terlewati.
Fitur lain yang tak kalah menarik adalah anda dapat ngobrol langsung dengan fans blog secara gratis tanpa dipungut bayaran sedikitpun.
Masih banyak fitur menarik lain yang menjadikan blog jauh lebih unggul dibanding sosial media, yang pasti anda bisa mengotak-atik semua fitur tersebut sesuka hati anda. Menambah dan mengurangi widget, mengubah tampilan tema, gambar latar, gambar utama dan sebagainya. Bebas anda lakukan tanpa ada persyaratan apapun.
Kelima, business blogging is better than facebook. Jika dilihat dari sisi bisnis maka di bawah ini ada 10 alasan yang menjadikan blog semakin lebih hebat ketimbang sosial media. Diambil dari situs www.wordviewediting.com dan diterjemahkan langsung melalui google translete dengan sedikit perbaikan kalimat.
  1. Bisnis blogging lebih baik dari facebook.
  2. Menjangkau lebih banyak pemirsa. Ini termasuk rss, email, pengunjung situs dan semua jaringan sosial. di facebook Anda hanya dapat menjangkau orang-orang yang menyukai halaman Anda.
  3. Lebih dari sekedar meng-klik. Link menarik di blog Anda kemungkinan besar akan diklik sementara link ke halaman facebook Anda kemungkinan besar akan diabaikan.
  4. Menawarkan nilai lebih. Penggemar facebook hanya menyukai merek Anda jika merek Anda memiliki suatu nilai yang ditawarkan. tapi di blog Anda, Anda dapat memberi mereka nilai lebih melalui tips, saran, dan mengajarkan mereka hal-hal yang baru.
  5. Hub konten. Blog adalah hub konten sebagai pusat pikiran Anda. facebook hanya sekedar membantu Anda untuk mendistribusikan/mempromosikan konten.
  6. Feed berita. Facebook memutuskan siapa yang melihat update Anda, tetapi pada blog, siapapun Anda dan semua orang dapat melihat konten Anda.
  7. Artikel berumur yang panjang. Artikel blog Anda memiliki umur yang sangat panjang karena mereka akan terus ditemukan dalam mesin pencarian selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. update facebook hanya berlangsung beberapa hari.
  8. SEO (Search Engine Optimization). Bila dilakukan dengan benar, blogging meningkatkan peringkat pencarian Anda melalui link terikat & optimasi kata kunci. facebook tidak memberikan kontribusi apapun ke peringkat pencarian Anda.
  9. Hasil yang lebih besar. Facebook marketing adalah investasi yang berisiko dan tidak pasti. tapi jika dengan blog, ketika dilakukan dengan benar maka waktu yang diinvestasikan dalam blog Anda selalu terbayar
  10. Perubahan yang terjadi pada facebook begitu cepat sehingga dapat membuat Anda gila! tapi blog Anda stabil, konsisten dan dapat diandalkan.
Selamat ngeblog ria, luruskan niat dan jaga konsistensi serta eksistensi. semoga keberkahan Allah senantiasa menyertai.

sebagian sumber dari google

1 komentar: